Komunikasi Produktif#Momentum Tak Terduga di Tengah Malam …

Bismillah… 25 Januari 2017

Tahun masehi baru kelas belajar baru… Yup, memulai kelas baru di perkuliahan Institut Ibu Profesional (IIP), tepatnya kelas bunda sayang. Pekan pertama sudah dimulai dengan tema Komunikasi Produktif. Alhamdulillah di keluarga kecil kami sudah terdapat jadwal untuk saling bercerita atau bermusyawarah atau family time, yaitu di waktu antara ba’da maghrib dan isya.

Hari ini ada yang berbeda dari komunikasi di keluarga kami. jika biasanya kami lakukan ba’da maghrib, tetapi hari ini secara “tidak sengaja” kami melakukan komunikasi produktif di tengah malam sampai sekitar jam3 subuh. Peristiwa tersebut bukan tanpa alasan, karena sejak malam tiba-tiba saya mengalami kontraksi dini dan tidak bisa tidur, maka suami menemani dengan memberikan perlakuan-perlakuan yang membuat saya merasa lebih nyaman, seperti membuatkan minuman hangat dan memijit punggung serta kaki.

Di saat itulah tanpa kami sadari banyak hal yang kami obrolkan, seperti mengenai proses pendidikan kami( strategi-strategi yang harus kami lakukan untuk segera menyelesaikan tugas akhir perkuliahan), pengasuhan anak, evaluasi diri, bahkan keinginan membangun bisnis untuk menjadi pengusaha.

Dari komunikasi di waktu tersebut ada beberapa hal yang saya sadari bahkan suami saya. Saya lebih banyak mendengarkan apa yang suami bicarakan, berbeda halnya ketika kami melakukan komunikasi di waktu biasanya terkadang saya mendominasi pembicaraan dan suka memotong pembicaraan beliau. Selain itu, satu hal yang saya rasakan juga, ketika saya lebih banyak mendengarkan apa yang dibicarakan suami, saya juga merasa lebh nyaman dan plong karena saya melihat wajah suami yang bersemangat ketika berbicara.

Dari peristiwa komunikasi “tanpa disengaja” tersebut kami mengambil keputusan untuk mengganti komunikasi intens kami di waktu subuh ketika baru bangun. Karena kondisi pikiran masih fresh dan logika kedua belah pihak masih jalan 😀

Anak kami baru berusia 20 bulan, sehingga komunikasi bersama anak tetap kami lakukan sesuai jadwal, untuk membiasakan bahwa di keluarga kecil kita ada yang namanya proses musyawarah dan setiap anggota boleh berpendapat…

Wallahu’alam….

 

komunikasi

Tinggalkan Balasan

