Menempel Dinosaurus…

Bismillah…. 3 Februari 2017

Usia 21 bulan merupakan usia di mana anak selalu senang untuk bermain terutama ketika ditemani oleh ayah umminya. Ketika proses bermain itulah anak akan belajar dan menambah pengalaman serta value yang orang tuanya sisipkan di kegiatan itu. Terkadang, ketika proses bermain anak akan menemukan sesuatu yang baru, pengetahuan dan pengalaman yang baru bahkan value yang baru dikenalnya. Sebagai contoh, ketika anak bermain kuda-kudaan, mungkin saja anak akan belajar melatih motoric kasarnya dan melatih keseimbangan tubuh, selain itu anak juga berlatih mengucapkan terima kasih kepada ayahnya yang telah bersedia menjadi ‘kuda’ yang ditunggangi, bahkan boleh jadi ketika anak terjatuh anak akan belajar rasa sakit.

Di keluarga kecil kami bermain yang sering kami lakukan adalah bermain bersama buku. Seperti hari ini, seharian cuaca mendung disertai hujan yang tak henti-hentinya turun (semoga hujan yang turun membawa manfaat..) jadi kami memanfaatkan waktu maghrib sampai isya dengan bermain bersama buku. Kami mempersilakan Kemi untuk memilih buku yang akan menemaninya bermain dan Kemi memilih buku tempel-tempel dinosaurus.

Ummi bertugas menggunting gambar yang akan ditempel, ayah memandu Kemi, dan Kemi bertugas mengeksekusi (menempel) di bukunya. Sambil menempel ayah juga memperkenalkan jenis-jenis dinosaurus yang tertera di bukunya. Misalnya dinosaurus berleher panjang, dinosaurus yang makan tumbuhan, dinosaurus yang giginya tajam, dinosaurus terbang bahkan juga mengenalkan rumput dan pohon yang terdapat di gambar.

Melalui kegiatan seperti itu dengan ditemani ayah ummi serta komunikasi yang produktif, Kemi akan belajar dan menjadi tahu dengan cara yang menyenangkan. Apabila seseorang mengalami pengalaman yang menyenangkan makan akan lebih mudah baginya memasukkan pengetahuan apa saja yang disipkan kepadanya.

Bagi seorang anak seusia Kemi, tidak ada yang namanya istilah belajar. Yang ada adalah bermain. Tinggal bagaimana kita selaku orang tuanya menyisipkan pengetahuan, pengalaman serta value ke dalam kegiatan yang sedang dilakukannya. Bahkan kegiatan bersama antara anak dan orangtua akan menambah kedekatan serta kasih saying antara anak kepada orang tua dan sebaliknya.

Wallahualam….

IMG_20170209_132604_HDR.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s